Home > Uncategorized > Aku mau jadi apa?

Aku mau jadi apa?


Beberapa waktu yang lalu, aku sempat ditanya oleh GM ku, katanya ‘5 atau 6 tahun lagi kamu mau jadi apa?’, aku bilang, aku ingin jadi manager. Pertanyaan yang sama juga diajukan oleh temanku ‘Sebenarnya idealisme yang ada dalam pikiranmu itu apa?’, aku bilang aku ingin jadi dosen.

Berawal dari dua pertanyaan diatas, nampaknya agak sulit untuk menentukan ‘Aku mau jadi apa?’. Menurut gw hidup ini penuh dengan ketidakpastian, dan juga terlalu banyak faktor x yang sifatnya cateris paribus yang mempengaruhinya. Ketika ditanya apa idealismeku sebenarnya, dengan gampangnya aku menjawab, aku mau jadi dosen. Keinginan itu bukan muncul dengan tiba-tiba. Keinginanku untuk menjadi dosen sudah muncul ketika aku kuliah dulu pada saat menjadi Asisten Dosen. Tetapi melihat syarat yang diajukan beberapa Universitas (termasuk almamaterku dulu) untuk menjadi dosen dibutuhkan pendidikan tingkat lanjut atau S2.

Ketika GM ku bertanya 5 atau 6 tahun lagi aku mau jadi apa, lantas aku menjawab, aku ingin jadi manager?. Aku yakin, jawaban singkat itu supaya aku bisa diterima bekerja di perusahaan ini, karena perusahaan biasanya melihat orang yang punya ambisi, orang yang punya visi, dan selalu berusaha mencapai level karir tertentu. Pastinya untuk mencapai posisi manager, dibutukna loyalitas, etos kerja, intelektual, kemampuan berkomunikasi, kualifikasi pendidikan dan lainnya.

Pribadi yang setengah-setengah

Saat ini, aku menyadari kalau aku adalah pribadi yang setengah-setengah. Setengah berada di idealisme pribadi ku, dan setengahnya lagi adalah mengikuti perjalanan dan kebutuhan hidup. 50 Persen pribadiku berada pada idealismeku untuk menjadi seorang dosen. Dalam pikiranku sendiri, aku punya beberapa tokoh yang menjadi role model sebagai pendukung idealismeku. Contohnya, untuk menjadi seorang dosen yang handal, aku kagum terhadap beberapa Professor (tidak usah disebutkan). Tentunya untuk mencapai hal itu, selain kualifikasi pendidikan S1, S2, S3, dan sampai pada Gelar Kehormatan dalam bidang Pendidikan (Professor) harus membutuhkan banyak sekali pengorbanan dan usaha. Penelitian, menulis di jurnal-jurnal Internasional, menjadi pembicara, dosen tamu, dan lainnya. Dan ini adalah idealismeku yaitu Dosen.

Sedangkan, 50% selebihnya adalah aku ingin menjadi seorang manager, atau bahkan sampai ke level CEO perusahaan. Aku sudah coba petakan beberapa posisi level manager yang ‘kira-kira’ bisa aku capai. Seperti Manager Akunting, Manager Internal Control, Manager Business Development, Manager Tax, Manager Finance. Dan satu persatu aku coba mencari akar dan awal perjalanan untuk bisa mencapai posisi tersebut. Bukanlah hal yang sulit untuk memetakan hal tersebut, conteklah dari situs penyedia lowongan kerja, dan lihat kualifikasi apa yang dibutuhkan. Contohnya untuk menjadi seorang Manager Internal Control, aku harus punya pengalaman diatas  5 tahun (included pengalaman di KAP), selain itu menguasai akunting, pengendalian internal, Sarbarnes Oxley, Standar Profesi Internal Audit, lalu mempunyai sertifikasi seperti CIA, dari Institute of Internal Audit.

Persimpangan Jalan dan Kebingungan yang Akut

Nah, pemetaan secara sistematis sudah aku buat untuk mencapai kedua hal diatas. Sudah jelas semuanya. Permasalahannya adalah beranikah aku melangkah untuk mencapainya? berjuang mencapainya?. Sungguh keputusan yang sulit. Dan aku masih terperangkap pada pertanyaan yang sama, yaitu Aku mau jadi apa?. Dua paparan contoh diatas hanya menggambarkan mengenai kehidupan pekerjaan, akan lebih banyak kebingungan-kebingungan selanjutnya untuk menjawab Aku mau berbuat apa untuk sesamaku? haruskah seperti Ibu Teresa?. Pertanyaan yg sulit dijawab.

Categories: Uncategorized
  1. adiyuniarto
    August 24, 2010 at 5:29 pm

    pertanyaan yang sering ditanyakan ketika interview kerja..
    dan hampir semua jawaban akan mengarah kesana.. tapi untuk saat ini, ketika saya ditanya seperti itu oleh seorang boss, akan saya jawab: jadi seorang yang lebih dari sekarang, baik dalam posisi ataupun knowledge.😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

