Home > On Love, Personal Life > Bukan Gelar, tapi Cinta!

Bukan Gelar, tapi Cinta!


Ada satu notification di Handphone Blackberry yang aku pegang, ternyata, notification tersebut dari aplikasi Twitter. Penasaran tentang siapa temanku yang menyapaku lewat twitter, lantas aku langsung buka twitter ku dan memperhatikan ada obrolan apa, dan siapa temanku yang mengawali obrolan tersebut.

wah, ternyata trending topic yang hangat kali ini adalah Tentang Ayah. Tweephearts, biasanya mengawali dengan tanda kress (#) untuk menandakan ada topik baru yang sedang dibicarakan. Lalu, aku membaca satu persatu apa yang ditulis temanku tentang topic tersebut.

Ah, sungguh mengharukan membacanya, lantas aku berpikir, apa yang akan aku tulis atau aku renungkan mengenai kehadiran seorang Bapak dalam hidupku. Tidak lama kemudian terbesit sesuatu dan aku tuliskan di twitterku.

TheoChresma, ‘Bukan gelar tapi cinta’ #Tentang Ayah, iya benar, ‘Bukan Gelar, Tapi Cinta’, itulah renugnanku tenang kehadiran Ayahku. Pendidikan mungkin bukanlah suatu yang penting baginya, beliau hanya bergelarkan D1 dari Universitas Kristen Indonesia, jurusan Teknik Elektro. D1, bukanlah suatu gelar yang diperhitungkan pada masa sekarang, bahkan mungkin, perusahaan-perusahaan akan menyetarakan D1 dengan lulusan SMA. Dan, bukan rahasia umum lagi, dengan kualifikasi D1, pasti akan sulit mencari kerja ditengah ribuan orang yang memegang gelar S1. Pekerjaan yang dilakukan ayahku pun sangat sederhana. Setelah mengundurkan diri dari sebuah Bank Swasta pada tahun 2001, lantas beliau hanya bekerja sebagai TU (Tata Usaha) di satu SMA Kristen.

Aku pun merasa sangat beruntung mempunyai ayah yang penuh cinta dan bisa merasakan kasih sayang dari seorang ayah seperti beliau. Pastinya, sudah tidak terhitung apa saja pengorbanan yang sudah dilakukan beliau untukku dari aku kecil. Mulai dari, mengantar aku sekolah, mengantar aku les, mengantar aku latihan badminton, menunggu aku sekolah pada waktu aku duduk di bangku sekolah dasar, bekerja untuk membiayai kuliahku. Ah, mungkin ribuan huruf untuk menggambarkan pengorbanan beliau.

Keberuntunganku, mungkin tidak dirasakan oleh orang lain yang sebaya denganku. Ada banyak cerita yang aku denger dar teman-temanku, yang membuat mereka depresi karena kurangnya kasih sayang dari orang tua mereka. Orang tua mereka adalah orang tua yang sangat sibuk. Selalu bekerja, dan jarang memperhatikan anak-anaknya. Atau, orang tua mereka sudah cerai karena perbedaan idealisme dan pikiran, atau orang tua mereka yang terlalu memperhatikan perusahaannya, dan masih banyak lagi.

Akibatnya, yah, pastinya kita juga sudah tahu, Junkie, putus sekolah, terjerumus ke Sex Bebas, MBA. Itu baru sebagian kecil, masih banyak masalah lain yang diakibatkan karena kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Yah, sudah lah, aku tidak ingin mengurai panjang lebar lagi, hanya merasa kurang sreg jika harus menceritakan masalah-masalah yang dirasakan teman-temanku. Aku hanya perlu bersyukur, mempunyai orang tua yang sangat baik, meskipun beliau hanya melakukan pekerjaan yang sederhana, meskipun bukan bergelar sarjana, master atau doktor, tapi satu gelar aku berikan padanya. M, Fm, yaitu Master of Family (Seorang yang bisa memberikan cintanya yg utuh untuk keluarganya).

Categories: On Love, Personal Life
  1. August 11, 2010 at 3:15 am

    Hehehe… yang ngasih gelar Master adalah anak-anaknya dan istri tercinta ya???? Hebat sekali bapakmu…. Bapakmu sudah makan bangku kuliah…. Bapakku ming lulusan SMP… hehehe…. Tapi gelarnyapun tetep Master of Family…..

  2. adiyuniarto
    August 11, 2010 at 5:05 am

    hmm.. setiap orang pasti selalu bangga dengan orang tuanya.. kalo tidak, keadaan yang membuatnya demikian.. aku mo kasih gelar apa ya buat bapakku? M.Ud ajalah.. Master of Understanding..😀
    untung ya, yang bilang “bapakku polwan” cuma pemain Srimulat, hehe..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

