Home > Personal Life > Pegawai Tetap

Pegawai Tetap



7  July 2010, hari kamis tepatnya. Inilah yang pertama kalinya aku diangkat sebagai pegawai tetap. Ketika itu GM Internal Audit, Mr. Hendry Chandra (kenapa aku panggil Mr? karena dia adalah expat Singapore) datang ke site. Memang bukan secara khusus untuk menemuiku, tetapi pikirku, ini adalah hal yang special karena beliau tidak menungguku pulang ke Jakarta untuk menyampaikan berita baik ini, tetapi beliau datang ke site.

Siang itu, aku dipanggil ke ruangan terpisah, dan beliau menyodorkan selembar surat sambil bilang ke aku “Selamat ya Theo, ini surat pengangkatan pegawai tetap kamu, silahkan dibaca dulu, kalau setuju silahkan tanda tangan”. Lantas, dengan seksama aku membaca pasal demi pasal dengan teliti apa saja yang menjadi hak dan kewajibanku.

HAK

Pada saat aku baca, ada beberapa fasilitas yang aku terima, diantaranya

  1. Kesehatan. Fasilitas kesehatan ini dibagi menjadi 2 (dua), yaitu untuk rawat inap sebesar Rp. xxx, dan rawat jalan sebesar Rp. xxx. Dari jumlah tersebut, aku berhak atas 100% full reimburse selama 1 tahun. Dan, jika jumlah tersebut tidak dipakai, akan dimasukkan kedalam tambahan gaji pada tahun berikutnya
  2. Kenaikan gaji dan Bonus. Di kantor ku ada satu sistem penilaian performance (Performance Development System) karyawan. Pada awal tahun, tiap-tiap departemen akan membuat satu rencana kerja, dan tiap karyawan diberikan tanggungjawab masing-masing atas beberapa project. Pada akhir tahun, setiap karyawan akan dinilai kembali oleh atasannya, apakah project tersebut diselesaikan dengan baik atau tidak. Nah, hal tersebut adalah indikator dalam kenaikan gaji dan bonus (selain bonus tahunan yang sudah ditentukan perusahaan)
  3. Kacamata. Wah, yang ini fasilitas plus. Setiap karyawan yang menggunakan alat bantu penglihatan (glasess, contact lens) bisa reimburse pembelian kacamata atau contact lens dengan budget yang sudah ditentukan tiap tahunnya.
  4. Melahirkan. Tunjangan ini terpisah dari tunjangan kesehatan, bagi karyawan wanita memperoleh fasilitas biaya melahirkan. Tetapi untuk karyawan pria, fasilitas ini termasuk dalam tunjangan kesehatan rawat inap.
  5. Training. Perusahaan ini menganggap para pekerjanya sebagai mitra kerja dan aset perusahaan, oleh karena itu setiap departemen, wajib mengisi training request (exhouse) bagi para karyawannya dalam 1 (satu) tahun kedepan.
  6. Fasilitas lain seperti kredit kepemilikan rumah, kredit kepemilikan kendaraan bermotor. Tapi didapat setelah masa kerja tertentu dan level kerja tertentu.
  7. Cuti. Aku diberikan hak untuk cuti 12 hari selama 1 tahun. Dan, jika cuti itu tidak aku ambil, maka, cuti itu akan diganti dengan annual leave paid atau dibayar pada tahun berikutnya.

KEWAJIBAN

Sebagai pekerja yang baik, pastinya harus melaksanakan kewajiban perusahaan. Nah, inilah beberapa kewajiban ku di perusahaan tempat aku bekerja

  1. Bekerja dengan baik, giat, jujur,
  2. Menyelesaikan project
  3. Mematuhi aturan perusahaan

Itulah, cerita pada saat pengangkatanku, dan langsung aku tandatangan pada form yang dibawa GM ku!! Cukup senang, dan cukup puas!!

Categories: Personal Life
  1. August 6, 2010 at 11:28 am

    Gila..tw ga sih,gw agak iri ma lo.tp tiap org pny rejeki msg2 kan?

  2. adiyuniarto
    August 9, 2010 at 10:01 am

    hmm.. di KAP belum tentu dapet kayak gini lho.. :p

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

