Home > Education, Personal Life > Aku masih ingin di KAP

Aku masih ingin di KAP


Entah kenapa hatiku agak kurang sreg menjalani pekerjaan sebagai seorang Internal Audit. Adaro Energy, Tbk tempatku sekarang bekerja sudah memberikan banyak fasilitas yang sangat baik untukku. Tapi, lagi-lagi entah kenapa ada yang mengganjal.

Disini (Adaro Energy) aku melihat banyak orang-orang sukses, dan jika dilihat dari umurnya mereka masih pada usia yang sangat muda. Seperti contoh, orang yang ruangannya berada di depanku, dia adalah GM Corporate Finance, berusia 34 tahun. Lalu, Head of Inverstor Relation, masih berusia 33 tahun, Tax Manager masih sangat muda, 29 tahun umurnya.

Selidik punya selidik, mereka adalah lulusan KAP terbaik di negeri ini. PricewaterHouseCoopers, iya benar sekali, hampir semua jajaran manajemen di Adaro Energy ‘lulusan’ dari sini, begitu pula dengan GM ku, malahan, beliau lulusan ‘PwC’ dari Australia. Bukan cuma sampai disitu kiprah PwC di perusahaan ini. Finance Director Adaro Energy adalah ex-Partner PwC Canada. Waw, hebatnya mereka.

PKF Paul Hadiwinata, Hidajat, Arsono, Ade Fatma dan Rekan

PKF, aku juga pernah berada di KAP, buat lulusan Akuntansi, bekerja di KAP adalah hal yang membanggakan. Selain bisa mendalami Ilmu Akuntansi, Pajak, Konsolidasi, Cash Flow, dll, kita juga bisa tahu banyak hal mengenai sistem yang ada di perusahaan. Dan kelebihan lainnya adalah kita menjadi tahu bagaimana penerapan sistem dan akuntansi di setiap jenis perusahaan. Satu setengah tahun aku bekerja disini, dengan total 12 klien yang pernah aku audit.

Sebenarnya, beberapa waktu lalu, aku juga pernah mengikuti tes masuk di PricewaterHouseCoopers, tapi, hanya sampai tahap 1, atau tidak lolos. PwC memang mempunyai tingkat kesulitan sendiri di setiap soalnya, dan kualitas memang menentukan. Hanya yang terpilih yang bisa masuk kesana.

Impian ke depan

Aku pribadi masih punya impian masuk ke PwC, entah kapan, dan entah di divisi apa. Tapi yang pasti, melihat prestasi orang-orang lulusan PwC yang bekerja di Adaro Energy, hal itu sudah cukup membuktikan bahwa mereka berkualitas!. Terlintas satu pikiran jahat yang ada di otakku. Satu atau dua tahun berada di Adaro Energy, sambil pelan-pelan mengumpulkan pundi rupiah untuk melanjutkan kuliah lagi, baru aku akan coba untuk tes disana.

Categories: Education, Personal Life
  1. August 6, 2010 at 11:24 am

    Eo,Tau ga sih,kmrn gw jg posting ttg pnglman gw d KAP. Ya,KAP emg pny tantangan tersendiri. Dan,gw stju jg,bhwa bgi lulusan akuntansi,krja d KAP sbg auditor emg suatu yg ngebanggain mnrt gw.
    Hm,mnrt gw,lo bs msuk d jajaran para “lulusan” PwC itu jg kbnggaan. Tanpa lo hrs krja d PwC,lo bs msuk adaro,ktmu byk org hebat n pny ksempatan blajar byk dr mreka.kputusan lo lah yg kmdn nentuin apa lo ckp puas bljr dr mreka ato lo ttp pgen “belajar” lgs d PWC.
    Apapun kptusan itu,jgn lp trs bsyukur dan mgoptimalkan ksempatan yg lo pny skrg.
    Btw,12 klien y?ko bnyakan lo?AA lo itung atu2?hehe..

  2. adiyuniarto
    August 9, 2010 at 9:59 am

    open mind.. kesuksesan ga cuma dinilai dari kerja di PWC aja The.. bolehlah berusaha, tapi sukses ga hanya lewat 1 jalan.. mereka yang duduk di PWC aja, someday harus resign juga.. have you ever ask them? Why they leave PWC? pasti akan ada banyak alasan.. yang paling mungkin adalah soal keluarga.. kalo udah nikah, mereka punya tanggung jawab moral tertentu.. ato yang belum nikah, mungkin merasa ingin punya waktu ‘lain’..
    bersyukurlah, tidak banyak orang bisa duduk di posisimu sekarang.. karena sekarang justru kamu bisa belajar dari mereka alumni PWC..🙂

  3. rizzma
    August 29, 2010 at 3:19 am

    wah, jd pgn masuk pwc…. tapi agak takut, hhiiiiiy

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: