Home > Uncategorized > BUMN Track: PKF Hadiwinata – Auditor Andalan Sejumlah BUMN

BUMN Track: PKF Hadiwinata – Auditor Andalan Sejumlah BUMN


Bermodal nama baik, KAP. Drs. Paul Hadiwinata, Hidajat, Arsono & Rekan (PKF Hadiwinata) dipercaya menangani audit sejumlah BUMN. Namun terkenal di tingkat Internasional, bukan semata jaminan. Sebagai anggota PKF International Ltd – perusahaan Akuntan Publik yang kantor pusatnya di London – Inggris, para auditornya selalu dijejali dengan berbagai training

PKF Hadiwinata yang berdomisili di Jalan Barito II No 31, Jakarta Selatan, sudah 18 tahun menjadi member dari PKF International Ltd yang memiliki member di 120 negara.

Intense of quality yang dimiliki PKF berstandar Internasional dengan mengikuti konferensi penilaian kualitas. PKF secara internasional terikat karena laporan keuangan suatu perusahaan dipakai tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Sampai saat ini sudah sekitar 20 perusahaan go public yang ditangani PKF.

Sebagai akuntan publik, PKF Hadiwinata yang memiliki lebih dari 200 pegawai di Jakarta dan 30 di Surabaya ini, juga mengikuti standar Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Khusus untuk luar negeri, PKF menjalin kerjasama dengan anggotanya, baik di Asia, Australia dan Amerika. Laporan yang disusun juga disesuaikan dengan aturan perundang-undangan di Indonesia.

Penilaian terhadap perusahaan yang diaudit adalah mencari kewajaran mengenai laporan keuangan. Sebab, dalam akuntansi, selain ada transaksi yang bersifat mutlak, ada juga yang bersifat taksiran. Karena itu, hasil audit yang diberikan perusahaan akuntan publik hanya memberi opini yang menyatakan laporan keuangan perusahaan tersebut wajar atau tidak. “Tentu saja, hasil itu akan banyak berpengaruh pada pasar saham sebagai acuan para pialang” ujar Paul Hadiwinata, Managing Partner PKF Hadiwinata.

Perusahaan yang akan melakukan penawaran saham perdana kepada publik (initial public offering – IPO), harus atraktif bagi perusahaan sekuritas yang menjadi underwriter yang dapat menentukan datangnya investor bagi perusahaan tersebut. Investor membutuhkan laporan akuntan publik untuk memberikan penilaian dan opini mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan yang dapat diterima ole investor lokal dan asing.

AUDITOR ANDAL

Menurut Paul, auditor harus memiliki ilmu yang lebih luas dibanding akuntan biasa, karena yang diaudit bukan hanya buku, tapi seluruh proses di perusahaan. Maka, bagi karyawan baru PKF yang lolos seleksi, akan diikutsertakan dalam berbagai training sampai mereka mampu. Bahkan, ada pula yang diberi kesempatan mengikuti training lanjutan di luar negeri. Ini merupakan bagian dari investasi perusahaan.

Paul menjelaskan di PKF ada jenjang  auditor untuk meniti karier sebagai akuntan publik. Mulai dari level junior, semi senior, senior, manajer, sampai menjadi partner. Setiap orang yang memulai sebagai junior punya kesempatan untuk menjadi partner, jika mampu mengikuti jenjang tersebut. “Inilah yang membedakan dengan perusahaan lain.”

Sampai saat ini, karyawan yang pernah mengikuti training di PKF Hadiwinata sudah mencapai ribuan orang. Hal ini diakui Paul sebagai salah satu tugas kantor pusat untuk mendidik para karyawan agar lebih terampil dalam bekerja. Biasanya karyawan yang sudah bekerja tiga sampai lima tahun di PKF Hadiwinata dan pindah ke tempat lain, sudah dipercaya sebagai chief accountant atau jadi internal auditor.

Dalam perjalanannya, BUMN yang pernah diaudit oleh PKF Hadiwinata adalah JIEP, KAI, PUPUK KALTIM, RNI dan beberapa anak perusahaannya, BALAI PUSTAKA, PERHUTANI dan DANAREKSA. Menurut penilaian PKF Hadiwinata, beberapa BUMN memiliki pelaporan administrasi dan pembukuan yang baik serta profesionalitas yang tinggi, karena adanya pengawasan  pemerintah.

“Kami cukup senang bekerjasama dengan BUMN, karena mereka kooperatif dan sangat menghargai pekerjaan auditor. Harapan ke depan terhadap BUMN, agar bisa lebih memberikan penghargaan kepada akuntan publik, minimal sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan IAPI.

Kami ingin bekerja dengan baik karena modal yang kami miliki hanyalah nama baik.” katanya.


http://www.pkfhadiwinata.com/index.php?id=10565

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: