Home > Uncategorized > kontroversi film Fitna, dan reviewnya

kontroversi film Fitna, dan reviewnya


Geert Wilders, adalah pembuat film FITNA,.,yang bagi banyak umat muslim di dunia film ini sangatlah kontroversial. Jika dilihat secara sekilas saja, film ini banyak menghujat Al-Quran, atau yang dalam bahasa belandanya wilders meyebutnya KORAN. Bebagai kontra pendapat dan aksi kontra dari bermacam-macam organisasi islam, LSM, FPI, sampai-sampai pemerintah Indonesia dan bayka negara Islam mengutuk film ini.

Aksi penolakan terhadap film FITNA juga merembet kepada banyak aksi-aksi yang telah dilakukan baik dari level oraganisasi sampai ke level negara. BLOKIR SMUA PRODUK DARI BELANDA, STOP PENYEBARAN FILAM FITNA, TUTUP YOUTUBE, TUTUP LIVELEAK. Itulah beberapa aksi peniolakan yang sempat dan akan dilakukan oleh banyak pihak daRI dalam Indonesia dan Negara Islam di dunia.

Aksi penolakan film FITNA itu, bukan merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Beberapa tahu lalu, ketika Indonesia dikejutkan dengan bom bali 1 dan 2 yang berujung dengan banyaknya korban wisatawan turis asing maupun domestik.

LONG ROAD TO HEAVEN, adalah salah satu film yang di blokir oleh pemerintah Indonesia yang juga dianggap menghina ISLAM. Secara nyata film ini berusaha mengulang kembali apa yangada di balik tragedi bom bali 1 dan bom bali 2. Dalam film tersebut dikisahkan para teroris yang semuanya menggunakan atribut ISLAM, dan memang dikisahkan teroris tersebut adalah ISLAM, berencana untuk mengebom bali yang dianggap sebagai kota yang penuh kemaksiatan.

Alhasil, film yang digarap oleh kerjasama Indonesia dengan pemerintah Australia tersebut DIBLOKIR,.,dan dilarang beredar di 21. Tapi copy film nya banyak ditemui di rental-rental terdekat (halah)

Menyikapi atas apa yang telah terjadi di Indonesia, blokir terhadap 2 Film tersebut. Menurut pandangan subjuktif pribadi saya, kenapa semua tulisan, film, opini, dll yang dianggap menghina ISLAM, banyak diblokir. Masih dari pandangan pribadi saya lagi, apa mungkin( karena Indonesia komposisi penduduk muslim lebih dari 85%, terbesar di seluruh dunia) populasi yang sebesar itu tidak ingin semua yang mengungkapkan tentang SORY SEBELUMNYA “kebobrokan islam” ingin dihapuskan,.atau paling tidak smuanya itu tidak beredar di Indonesia. Lagi-lagi menurut pandangan subjektif saya, hal ini mungkin menyangkut tentang populasi tersebut. Dimana islam tidak ingin kehilangan power dan tidak ingin kehilangan pengikutnya di Indonesia, dan cara yang paling mungkin adalah dengan meniadakan semua yang berhubungan dengan publikasi “kejelekan islam”

AYAT-AYAT CINTA.

Film yang satu ini menceritakan tentang ISLAM adalah agama yang penuh kasih sayang, dimana sutradaranya membuat film ini begitu “perfect”. Alhasil banyak pihak yang menganggap film ini adalah salah satu senjata atau kendaraan untuk menunjukkan islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Dari sisi politisnya film ini dibuat ditengah pemberitaan masa tentang terorisme dan islam. Dan diharapkan film ini di Indonesia dapat mengubah perspektif tentang islam yang sarat dengan kekerasan atau terorisme.

Pengakuan ALI MAKRUS, juga banyak diblokir

ALI MAKRUS adalah salah satu petinggi FPI di region jawa timur, dan kalo temen-temen sempat melihat acara “pemburu hantu” dan sejenisnya, ali makrus adalah seorang yang ada untuk meng-backup ustadz yang lain yang sedang menangkap hantu.

Pengakuan ALI MAKRUS di Indonesia juga cukup kontroversial, dimana rekaman video dan rekaman suara yang telah beredar luas di masyarakat juga diblokir dan jangan sampai tersebar luas. ALI MAKRUS adalah salah satu orang no 1 FPI di jawa timur, ia menceritakan pengalamannya bertemu yesus yang membuat ia pindah keyakinan menjadi kristen, Dalam pengakuan tersebut ALI MAKRUS banyak menyebutnyan tentang sory sekali lagi “kelemahan islam”, dia menyebutkan secara sistematis. Karena kontroversialnya ALI MAKRUS yang sebelumnya adalah kyai atau ustadz dan salah satu petinggi islam beredar isu di masyarakat bahwa ia sudah di-bunuh. Dan sampai sekarang pemberitaannya pun jarang di publikasikan di media, dan ALI MAKRUS sudah hilang, entah di-bunuh atau di-pindahkan. tidak tahu saya ?

Menilik dari 3 media tersebut jelas bahwa perang media pada saat sekarang sangat memberi kontribusi yang tinggi dalam perpecahan agama. Media yang dianggap bisa digunakan untuk menjembatani keresahan masyarakat tentang ke-tidak-lengkapan suatu pemberitaan yang didapat oleh masyarakat (untuk menjadi lebih jelas) kadang bertindak tidak sesuai yang diharapkan.

Perektif satu pihak banyak sekali muncul dalam sebuah pemberitaan, yang mana perspektif satu pihak tersebut banyakmenyinggung pihak lain yang mempunyai pendangan yang berbeda. Sisi politis adalah salah satu yang mempengaruhi pemberitaan di media. Larisnya suatu pemberitaan dan tingginya rating menjadi salah satu incaran yang harus media capai dengan berbagai cara supaya suatu entitas media bisa populer di kalangan masyarakat.

Kontroversi tentang film fitna, film ayat-ayat cinta dan pengakuan ali makrus, buat aku bukan merupakan suatu yang penting. Perpecahan agama yang sangat mungkin terjadi harusnya bisa dihindari, karena dalam UU RI 1945 kebebasan diatur disana. Lebih lanjut dari sisi teologisnya, agama adalah sebuah kendaraan untuk mencapi suatu kesempurnaan. ISLAM, KRISTEN, KATHOLIK, HINDU, BUDHA, KONGHUCU, ATHEIS (yang mengahui the highest power), ANGLICAN, SHINTO, adalah cara untuk mencapai kesempurnaan hidup yang akan kita rasakan setelah kita dipanggil Tuhan, atau ALLAH, atau BUDHA, atau YESUS, atau siapa dan apa lah setiap agama menyebut tuhannya masing-masing (bebas)

Jadi akhir dari tulisan ini saya lebih menekankan bahwa kita hidup di duniA bukan untuk AGAMA, tetapi untuk TUHAN, dan AGAMA adalah salah satu cara untuk hidup dan dan mengabdikan hidup kita kepada TUHAN. Sangat mungkin perbedaan di setiap agama tejadi, tetapi menurut saya TUHAN yang mempunyai banyak sebutan tidak ada perbedaan antara agama yang satu dengan yang lain, TUHAN TIDAK MENGHENDAKI PEMBUNUHAN (mana mungkin tuhan tanya pada saat peradilan terakhir : “berapa orang yang sudah kamu BUNUH??, tettapi tuhan akan bertanya: “PERBUATAN BAIK APA YANG TELAK KAMU LAKUKAN UNTUK SESAMAMU HAI MANUSIA??), TIDAK MENGHENDAKI PERANG, SALING HUJAT, SALING HINA, SALING TEROR, tetapi aku yakin Tuhan sangat menhendaki kita, umatnya yang hidup di dunia ini dengan DAMAI, SALING MENGHARGAI, SALING MENCINTAI, SALING MEMBERI, SALING BERGANDENGAN TANGAN, untuk kesempurnaan hidup.

 

 

Categories: Uncategorized Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: